Sabtu, 08 September 2012

Pengertian sejarah


Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.
Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.
Menilik pada makna secara kebahasaan dari berbagai bahasa di atas dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh karena itu masalah waktu penting dalam memahami satu peristiwa, maka para sejarawan cenderung mengatasi masalah ini dengan membuat periodisasi.

Pengertian sejarah di atas berdasarkan etimologi, Berikut ini adalah 15 pendapat dan pengertian sejarah menurut para tokoh dunia:
Definisi 1: Menurut E.H. CARR sejarah adalah proses berkesinambungan dari interaksi antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya, sutu dialog yang tidak berkesudahan antara masa sekarang dengan masa lampau. Jadi tidak ada tulisan atau buku sejarah yang final

Definisi 2: Menurut BERNHEIM sejarah adalah ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang mengenai perkembangan manusia, baik secara perorangan maupun kolektif, sebagai mahluk sosial dalam hubungan sebab dan akibat, lahir maupun batin

Definisi 3: Menurut HENRI PIRENNE sejarah merupakan cerita tentang peristiwa-peristiwa dan tindakan-tindakan manusia yang hidup dalam masyarakat

Definisi 4: Menurut RUSH LIMBAUGH sejarah adalah apa yang telah terjadi

Definisi 5: Menurut BENEDETTO CROCE sejarah adalah catatan dari kreasi-kreasi jiwa manusia pada semua bidang, teori maupun praktik. Dengan kata lain, sejarah adalah hasil pertimbangan logis individual tentang peristiwa masa lampau di bawah cahaya pemikiran dan kepentingan kontemporer

Definisi 6: Menurut CICERO sejarah adalah cahaya kebenaran, saksi waktu, guru kehidupan; atau historia magistra vitae (sejarah adalah guru kehidpan); maupun prima esse historiae legem ne quid falsi dicere audeat, ne quid veri non audeat (hukum pertama dalam sejarah ialah takut mengatakan kebohongan, hukum berikutnya tidak takut mengatakan kebenaran)
Definisi 7: Menurut IBNU KHALDUN sejarah adalah rekaman tentang kemajuan dan kemunduran, kejayaan dan kejatuhan umat manusia

Definisi 8: Menurut IBNU MISKAWIH Sejarah adalah catatan tentang berbagai pengalaman umat manusia

Definisi 9: Menurut WINSTON CHURCHIL sejarah adalah hasil dari letak geografi, dan letak geografi tidak berubah. Sedangkan politik merupakan hasil dari pemetaan sejarah

Definisi 10: Menurut POLYBIUS sejarah adalah philosophy teaching by example. Ia juga mengemukakan bahwa semua orang mempunyai dua cara untuk menjadi baik, yaitu: berasal dari pengalaman dirinya sendiri, dan yang lainnya lagi berasal dari pengalaman orang lain.
Definisi 11: Menurut “Bapak Sejarah” HERODOTUS, Sejarah ialah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradabdan.
Definisi 12: Mengikut definisi yang diberikan oleh ARISTOTLE, Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.
Definisi 13: Menurut R. G. COLLINGWOOD, Sejarah ialah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.
Definisi 14: Menurut MUTHAHHARI, ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu:
a. sejarah tradisional (tarikh naqli) adalah pengetahuan tentang
kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.
b. sejarah ilmiah (tarikh ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melaluipendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau.
c. filsafat sejarah (tarikh falsafi), yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.
Definisi 15: Sejarah adalah ilmu pengetahuan dengan umumnya yang berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penfsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau tanda-tanda yang lain. (MUHAMMAD YAMIN)

1 komentar: