Selasa, 28 Agustus 2012

Pendapat para ahli tentang geografi


1. Pengertian Geografi
Istilah geografi untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Erastothenes pada abad ke 1. Menurut Erastothenes geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi. Berdasarkan pendapat tersebut, maka para ahli geografi (geograf) sependapat bahwa Erastothenes dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi. Pada awal abad ke-2, muncul tokoh baru yaitu Claudius Ptolomaeus mengatakan bahwa geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
Setiap manusia memiliki Setiap manusia memiliki pendapat masing-masing tentang berbagai hal dalam kehidupannya. Demikian pula dengan definisi atau pengertian geografi. Berikut ini disajikan beberapa definisi yang akan saling melengkapi dan dengan demikian diharapkan dapat menyingkap inti masalah atau pokok kajian geografi.

Definisi 1: Preston e James berpendapat bahwa, “Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan” karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing.

Definisi 2: “Geografi adalah interaksi antar ruang”. Definisi ini dikemukakan oleh Ullma (1954), dalam bukunya yang berjudul Geography a Spatial Interaction.

Definisi 3: Objek study geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi. Definisi ini dikemukakan oleh Maurice Le Lannou (1959). Ia mengemukakan dalam bukunya yang berjudul La Geographie Humaine.

Definisi 4: Paul Claval (1976) berpendapat bahwa ‘Geografi selalu ingin menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan’.

Definisi 5: Suatu definisi yang lain adalah hasil semlok (seminar dan lokakarya) di Semarang tahun 1988. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

Definisi 6: Prof. Bintarto berpendapat bahwa Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi baik yang fisikal maupun yangmenyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatankeruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program, proses dankeberhasilan pembangunan.

Definisi 7: Claudius Ptolomeus : mempelajari hal, baik yang disebabkan oleh alam ataumanusia dan mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu.

Definisi 8: Ellsworth Hunthington: memandang manusia sebagai figur yang pasif sehinggahidupnya dipengaruhi oleh alam sekitarnya.

Definisi 9: John Mackinder (1861-1947) seorang pakar geografi memberi definisi geografisebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.

Definisi 10: Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan, bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kitagunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.

Definisi 11: Geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu mengenai suatu tempat dengan memerhatikan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan, definisi ini dikemukakan oleh Strabo

Definisi 12: Geografi ialah studi tentang daerah yang berbeda beda di permukaan bumi dalam keragamannya. Definisi ini di kemukakan oleh Karl Ritter 

Definisi 13: Geografi adalah pengetahuan yang menyelidiki persebaran gejala-gejala fisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi, sebab akibat dan gejala menurut ukuran nilai, motif yang hasilnya dapat di bandingkan. Definisi ini dikemukakan oleh John Hanrath

 
Definisi 14: Hartshorne (1959) merumuskan bahwa geografi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variable dan permukaan bumi.

Definisi 15: Alexander  (1963) menyatakan bahwa geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia

Definisi 16: Yeates (1963) menyatakan bahwa geografi adalah suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi

thanks :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar